Saturday, December 22, 2012

Trouble Shooting Instrumentation

Bekerja di Plant pengolahan gas tentu saja banyak ditemukan adanya masalah pada peralatan instrumentasi. Biasanya karena lifetime, unspec, salah dalam handling, installasi yang buruk dan lain lain. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu adanya dokumentasi yang lengkap, seperti contoh-contoh berikut ini:

1. P&ID, Piping and Instrument diagram
Merupakan suatu gambar Proses yang didalamnya terdapat instalasi peralatan utama serta peralatan penunjangnya lengkap. Untuk membaca gambar ini perlu mengetahui simbol simbol terlebih dahulu.


2. Loop Drawing
Adalah dokument yang menggambarkan Instalasi wiring dari Sensor dan Final element(contoh: control valve) dilapangan, Marhaling Cubicle(Lemari tempat berkumpulnya semua wiring dari lapangan) dan Panel Control.

3. Data Sheet
Adalah Document yang diperlukan untuk mengetahui seluruh keterangan dari suatu peralatan. Baik itu sensor sensor maupun final element (transducer Control Valve) .

4. Logic Drawing
Adalah Gambar yang menerangkan cara kerja suatu system pengendalian digital dengan menggunakan gerbang gerbang logika(AND,OR,NOT, FLIPPLOP/SET RESET, TIMER, PULSE dll).

5. Schematic Drawing
Adalah gambar yang menerangkan cara kerja peralatan yang berhubungan dengan rangkaian listrik.

Dengan dokumen dokumen diatas, seorang Teknisi Instrumen akan siap untuk melakukan trouble shooting. Tentu saja tidak semua dokumen harus dibawa, teknisi harus mengetahui dulu nomer peralatan yang mengalami permasalahan agar pemecahan permasalahan tersebut tidak melebar.

Sistim pengendalian yang menggunakan Perangkat Distribution Control System (DCS) dan Programmable Logic Control (DCS) biasanya akan lebih mudah menemukan permasalahan instrumentasi. Contoh:

Masalah:
Tidak ada Indikasi dari sensor transmitter.

Cara mengatasinya adalah dengan melihat tag nomer sensor yang bermasalah pada layar Operator Station, lihat historicalnya, alarm apa yang muncul. Biasanya yang akan muncul adalah:Input Open (IOP). ada 3 kemungkinan;
sensor transmitter rusak?
Kable Kendor/rusak/ground fault
Input Module elektronik pada perangkat DCS yang rusak.

jadi kita tidak perlu mencari permasalahannya pada Final element(transducer, control valve, Solenoid dll) karena Finel Element berada pada sisi Output dan alarm yang muncul adalah Output open atau OOP

Tahapan trouble shooting
- untuk mengetahui lokasi peralatan tersebut kita menggunakan P&ID. Cari dulu peralatan utamanya(contoh; Pompa, Kompressor, Turbin dll) untuk menemukan peralatan instrument yang bermasalah.

- untuk mengetahui instalasi dari kabel dan terminalnya dari lapangan ke panel, kita gunakan Loop drawing. Dengan loop drawing kita dapat menelusuri 2 kabel sensor(positive dan negative) dengan cara mengetahui letak terminal kabelnya lalu mengukur Voltase serta Ampere yang sering dinamakan continuity. Dengan cara continuity inilah kita dapat mengetahui kerusakan pada sensor transmitter atau Panel Control.

-Data Sheet.

Bila diketahui kerusakan tersebut pada Sensor Transmitter maka kita memerlukan data sheet untuk mengetahui informasi seperti spesifikasi pada sensor yang dimaksud, yaitu:
Type, Model, Maximum working Pressure, range kalibrasi, dll
Informasi tersebut dibutuhkan apabila ternyata transmitter tersebut perlu diganti atau dikalibrasi.

Permasalahan lain yang ada pada pengolahan diantaranya adalah control yang Swing osilasi tinggi sehingga operator panel sulit mengendalikan proses secara otomatis. Hal ini bisa disebabkan oleh  adanya disturbance yang cukup cepat dari sisi proses,  atau control valve lambat karena masalah mekanis.

Ini bisa diselesaikan dengan cara melakukan tuning pada Controller. yaitu PID control
P, Proportional. Untuk memperkecil osilasi
I, Integral, Reset time agar Proses variable input bisa cepat mendekati set point.
D, derivative. Biasanya digunakan untuk pengendalian menggunakan temperatur, untuk lebih membercepat output sehingga PV cepat mengalami perubahan.
(untuk pembahasan masalah ini akan dibahas pada kesempatan lain)

demikian tahapan trouble shooting, semoga bermanfaat.

salam

(dedicated to elo)










No comments:

Post a Comment

jam kerja

jam kerja
bekerja sambil belajar

Total Pageviews